ELEKTRO
Nomor 33, Tahun VI,  Oktober  2000
KOMPUTER

mpage: Utilitas Pencetakan di Linux

Home
Halaman Muka


Sajian Utama
Sajian Khusus

Komunikasi
Energi
Elektronika
Tutorial
 

Pendahuluan

Seringkali kita ingin mencetak file-file dokumen dengan format pdf atau ps, sehingga bisa kita baca offline. Bagaimanapun hardcopy masih diperlukan, paling tidak bagi saya pribadi, untuk referensi. Meskipun sudah banyak yang tersedia dalam bentuk file yang disimpan dalam cd-rom. Format filenya pun bermacam-macam; html, ps, pdf, tex, doc, rtf, dan lain sebagainya.

Jika kita memakai kertas legal paper maupun A4 maka kurang praktis karena ukurannya yang besar, selain itu tidak ekonomis. Kalau jumlah halamannya kurang dari seratus halaman masih belum terasa akan tetapi kalau sudah lebih dari jumlah tersebut sangat terasa bagi yang punya dana terbatas, yang ini biasanya mahasiswa yang sangat potensial untuk mengembangkan ilmu.
Pengalaman seperti ini pernah saya alami di lingkungan windows. Di windows kita bisa menggunakan program FINEPRINT untuk mencetak dokument dengan ukuran separuh halaman normal. Dengan cara seperti ini saya bisa menghemat kertas menjadi seperempatnya atau paling tidak setengahnya tentu saja kita juga menghemat tinta printer yang semakin lama semakin mahal, asumsi saya adalah printer kelas laser.

Tetapi sekarang saya telah mengganti sistem operasi saya dengan linux distribusi redhat versi 6.2. Karena baru saya tidak tahu apakah ada program serupa yang berjalan di bawahlinux, maka saya coba cari di internet. Setelah beberapa hari mencari akhirnya saya menemukan program "mpage", yang bisa menggantikan FINEPRINT . (Belakangan baru saya tahu bahwa di distribusi redhat sudah ada program ini.)

Dengan segala keterbatasannya program mpage sudah mencukupi kebutuhan saya. Kelemahan program ini dibandingkan dengan FINEPRINT  adalah hanya bekerja untuk file dokumen jenis postscript dan text biasa, dan belum terintegrasi dengan program desktop yang lain misalnya staroffice.

Melalui artikel ini saya coba berbagi pengalaman saya. Sebenarnya keingginan saya semula adalah ingin mempunyai hardcopy tutorial UNIX, manual MySQL dan PHP. Karena bukunya jarang, atau paling tidak sulit didapatkan.

Mempersiapkan Program mpage
Dengan rpm
Program mpage bisa anda dapatkan di cd-rom linux (saya memakai distro redhat) dengan nama file mpage-2.4-8.i386.rpm. Untuk menginstalnya cukup anda jalankan perintah berikut:
#rpm -i  mpage-2.4-8.i386.rpm
ingat # adalah promptnya root/superuser, jadi anda harus login sebagai root untuk dapat menginstal mpage dengan rpm.
Jika anda menemukan pesan kesalahan biasanya ini disebabkan sudah ada program mpage yang terinstal, karena mpage dengan sendirinya terinstal jika utilitas printtool diinstal. Kesimpulannya jika anda bisa menjalankan printtool maka sudah ada mpage yang terinstal.
Untuk mengupgrade progam yang sudah terinstal jalankan perintah:
#rpm -U  mpage-2.4-8.i386.rpm
Kalau semuanya sudah tidak masalah seharusnya anda bisa mendapatkan program ini di direktori /usr/bin.

Dengan file "tarball"
Versi terbaru bisa anda dapatkan di url berikut:
http://www.mesa.nl/download.html
Download file mpage-x.x.tgz. Kemudian jalankan perintah-perintah berikut:
$tar xzvf mpage-x.x.tgz
$cd mpage-x.x
$make
$su
#make install
Jika tahap ini sudah berjalan tanpa ada kesalahan, seharusnya anda mempunyai file "mpage" di direktori /usr/local/bin.

Memformat dokumen dengan mpage
Seperti umumnya sintaksis perintah di linux, format perintah mpage adalah sebagai berikut;
$mpage [-option] namafile.ps
Misalnya file yang akan saya format adalah test.ps dan saya ingin mencetak dua halaman dalam satu kertas, maka perintah yang saya berikan adalah:
$mpage -2  -P  test.ps
Option lain yang bisa anda gunakan adalah:
-8 Mencetak 8 halaman pada satu kertas.
-4 Mencetak 4 halaman pada satu kertas.
-2 Mencetak 2 halaman pada satu kertas.
-1 Mencetak 1 halaman pada satu kertas.
-O Mencetak 2 halaman pada satu kertas, tetapi hanya halaman pertama dan ke-empat dari set 4 halaman. Option ini akan mengabaikan option -a dan -l.
-E Mencetak 2 halaman pada satu kertas, tetapi hanya halaman  kedua dan ketiga dari set 4 halaman. Option ini akan mengabaikan option -a dan -l.
-o Mencetak garis batas setiap halaman pada hasil cetakan (defaultnya on).
-m[<num>[lrtb]*]  Untuk menentukan batas/margin setiap halaman hasil cetakan. Nilai defaultnya adalah 20 point bila option tidak dipakai. Jika option dipakai tanpa menyebutkan ukurannya maka dianggap40 point. Huruf l, r, b, t bersesuaian dengan margin kiri, kanan, bawah, dan atas. <num> adalah bilangan dalam satuan point dan boleh bernilai negatif. Contohnya:
-m10   semua batas diset 10 point.
-ml50tb margin kiri 40 point, margin atas dan bawah 50 point.
-m50l25bt30r margin kiri 50 point, kanan 30 point, atas dan bawah 25 point.
-bpapersize  Menentukan ukuran kertas, A4 untuk ukuran A4 eropa, Letter untuk ukuran US Letter atau Legal untuk kertas ukuran legal.
-r  Mencetak dengan urutan terbalik, halaman terakhir dicetak pertama kali.
-jfirst[-last][%interval]  Mencetak halaman tertentu saja. Contoh:
-j1-10 akan mencetak halaman 1 sampai 10 saja
-j 1%2  akan mencetak halaman ganjil saja
-j 2%2  akan mencetak halaman genap saja
-P[printer]   Menentukan printer yang dipakai untuk mencetak. Bila tidak disebutkan printernya akan dicetak ke antrian printer default (misalnya lpr). Jika option ini tidak dipakai maka hasilnya akan dicetak di layar.
Untuk mencetak dokumen/manual saya sering memakai perintah berikut:
$mpage -O -o -bA4  manual.ps > manual.front.ps
$mpage -E -o -bA4  manual.ps > manual.back.ps
Dua perintah tersebut akan membuat dua file dengan nama manual.front.ps dan manual.back.ps. Kemudian baru dilakukan pencetakan dengan perintah:
$lpr manual.front.ps
$lpr manual.back.ps
Tentu anda akan bertanya mengapa tidak sekaligus mengirimkan dokumen ke printer? Alasannya adalah, kadang-kadang terjadi kesalahan dalam proses konversi. Jadi jika ada kesalahan maka kita tidak menghamburkan kertas dan tinta. Kalau anda ingin lebih yakin dengan hasil konversi sebelum anda cetak dapat dilihat dahulu dengan program ghostview.
$gv manual.front.ps
$gv manual.back.ps
Screenshot dokumen sebelum disetting dengan mpage, jika dilihat dengan ghostview dapat anda lihat pada Gambar 1.  Sedang setelah konversi dengan mpage akan nampak seperti Gambar 2.

Catatan akhir
Karena mpage hanya mampu memproses file postscript dan text biasa (ascii) maka anda harus memakai program bantu yang lain untuk mengkonversi satu dokumen ke dokumen yang lain. Misalnya jika kita mempunyai dokumen pdf bisa kita gunakan program pdf2ps. Kemudian baru kita cetak dengan mpage. q

Oleh : Agus@nurulfikri.com
 


  | SAJIAN UTAMA | SAJIAN KHUSUS |
| KOMUNIKASI | ELEKTRONIKA | ENERGI  |  TUTORIAL |

Please send comments, suggestions, and criticisms about ELEKTRO INDONESIA.
Click here to send me email.
| Halaman Muka
© 1996-2000 ELEKTRO Online.
All Rights Reserved.